Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

1. Cek kredibilitas perusahaan

Sebelum menerima tawaran wawancara kerja, coba cek terlebih dahulu kredibilitas perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Cobalah untuk mengeceknya via internet dan membaca profil perusahaan dengan jelas.

2. Jangan percaya pada lowongan yang mengharuskan membayar sejumlah uang

Apabila Anda diminta untuk memberikan uang sebelum memulai wawancara berarti Anda sudah terjebak dalam proses rekrutmen palsu. Proses perekrutan pekerja yang asli tidak akan mengharuskan Anda untuk membayar uang apapun.

3. Perhatikan alamat email HRD

HRD perusahaan yang benar-benar mencari pekerja baru akan menggunakan alamat email formal untuk memberikan keterangan resmi. Sebaliknya, banyak penipuan lowongan kerja di internet menggunakan domain gratis seperti @yahoo.com atau @gmail.com sebagai alamat email kontaknya.

4. Hati-hati dengan lowongan yang mengumbar janji

Untuk menarik minat pencari kerja, banyak lowongan pekerjaan palsu yang mencantumkan fasilitas dan keuntungan berlimpah yang kecil kemungkinannya diberikan perusahaan pada umumnya.

Jangan mudah tergiur dengan lowongan yang menawarkan gaji besar dengan pekerjaan santai. Sebaiknya berpikir secara rasional sebelum mengambil keputusan.

5. Cari lewat situs terpercaya

Sekarang, banyak situs pencari kerja yang dapat menolong Anda untuk mencari pekerjaan yang diinginkan. Semua lowongan pekerjaan yang dicantumkan dalam situs ini pun sudah melalui proses verifikasi sehingga dapat dipercaya keasliannya.

sumber : bisnis.liputan6.com

Kata Kunci Pencarian:
lowongan kerja pt brovo daera makassar,penipuan loker pt gramedia printing,loker radar cirebon2017,loker spg grab surabaya,loker pabrik yang cocok untuk pecinta teknologi,hrd oppo surabaya 2017,gaji marketing astra honda timika,driver event lampung,posisi gudang di rumah sakit qim batang,contoh surat lamaran kerja ke matos malang